Iklan Adsense
Mengelola worksheets seperti menambah sheet baru, menghapus worksheets, mengganti nama worksheets, memindahkan, menduplikasi atau mengcopy sheets, dan bahkan pengertian dari worksheet itu sendiri merupakan hal yang mendasar bagi seorang yang ingin belajar tentang Microsoft Excel. Pada kesempatan kali ini aku akan mencoba berbagai tentunya bagaimana seh caranya mengelola worksheets seperti yang telah disebutkan satu per satu diatas?
Jelaskan? gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna hijau tersebut merupakan salah satu Workseet lalu bagaimana jika nama Sheet1 tersebut kita ganti menjadi "Lembar Kerja 1"?
Cara mengganti nama worksheets dari Sheet1 menjadi "Karyawan" cukup mudah sekali ada 2 cara dalam hal ini yaitu :
Cara mengganti nama sheet tersebut cukup mudah dan hal ini harus Anda kuasai sebagai langkah dasar untuk belajar Microsoft Excel. Berikutnya adalah bagaimana jika worksheet yang ditampilkan kurang?
Ada beberapa cara untuk menambahkan worksheet baru dan yang saya tahu ada 2 cara mungkin jika sobat pernah menemukan lebih dari 2 cara menambahkan worksheet silakan tuliskan di kolom komentar.
Cara pertama adalah dengan klik kanan kemudian pilih Insert lebih jelasnya aku akan ilustrasikan berupa gambar dibawah ini silakan dilihat
Berikutnya sobat akan melihat 5 jenis insert dan untuk menambahkan sheet baru silakan pilih WorksSheet
Dari gambar diatas untuk mengakhirinya atau jika sobat telah yakin ingin menambahkan worksheet silakan tekan tombol OK maka 1 buah sheet telah bertambah dengan nama Sheet4. dan nama tersebut biasanya diurutkan setelah sheet terakhir karena yang saya punya adalah sheet3 maka jika saya tambahkan worksheet baru maka namanya adalah sheet4.
Perhatikan posisi worksheet dengan nama "sheet4" posisi tersebut berada sebelum sheet "Karyawan" hal ini disebabkan karena klik kanan yang dilakukan tadi di sheet karyawan. Bagaimana jika aku klik kanan pada sheet2? hasilnya adalah sheet4 akan berada pada posisi setelah sheet Karyawan. Lalu bagaimana pula jika hal ini telah terjadi? jangan bingung sobat bisa memindahkan sheet manapun dan kemanapun dengan mudah.
Jika sobat bisa menambahkan sheet tentunya harus bisa pula cara menghapus sheet, bagaimana caranya? silakan aktifkan sheet yang akan dihapus kemudian klik kanan mouse sobat pada sheet tersebut kemudian silakan pilih tulisan Delete maka secara otomatis workhseet akan hilang dan tidak dapat dimunculkan kembali.
Perhatikan anak panah warna hijau silakan pilih dengan cara klik pada tulisan Move or Copy. Langkah berikutnya adalah kita akan menempatkan sheet tersebut ke paling ujung silakan pilih Move to End kemudian klik OK
Hasil dari cara diatas akan terlihat perubahan pada urutan sheet menjadi seperti gambar dibawah ini
Cara lain untuk memindahkan sheet dapat sobat gunakan dengan fungsi Format kemudian silakan sobat pilih Move or Copy Sheet
Silakan pilih seperti contoh 1 gambar diatas yaitu dengan memilih Move to End maka hasilnya akan sama persis dengan cara pertama.
Bagaimana langkah menduplikasi / copy sheet? cara ini sangat sederhana silakan sobat lakukan sendiri dengan cara hampir sama dengan memindahkan sheet diatas namun perbedaannya sobat harus menceklist tulisan Create a Copy
Oke, mudah bukan? tak terasa aku sudah menulis begitu panjang dan jelas sekali bagaimana mengeola worksheet pada Microsoft Excel 2010 dimulai dari pengertian, membuat sheet baru dan bagaimana juga menghapusnya, mengganti nama sheet, memindahkan sheet, serta menggandakan sheet.
Demikian semoga tulisan aku bermanfaat dan bagi para master Excel maaf tulisan sangat berantakan dan tidak tersusun secara rapi namun mudah-mudahan hal ini aku rasa sudah maksimal tunggu kembali tutotial Microsoft Excel berikutnya.
Pengertian Worksheet
Secara sederhana Worksheet dapat diartikan sebagai lembar kerja. Lebih jelasnya lagi silakan coba cari dalam kamus bahasa inggris atau kalo tidak ingin repot buka kamus silakan buka google translate jika kita ketikkan Worksheets maka dalam bahasa Indonesia nya adalah "Lembar Kerja". Baiklah aku artikan dalam bahasa aku sendiri bahwa Worksheet merupakan lembar kerja yang merupakan kumpulan dari beberapa range. Apa yang dimaksud dengan range? Range merupakan kumpulan beberapa cell dan cell merupakan pertemuan antara kolom dan baris. Di Microsof Excel 2010 jumlah baris terdiri dari jutaan tepatnya adalah 1.048.576 sedangkan jumlah kolomnya dari A sampai dengan XFD.Silakan lebih lanjut lagi bagaimana cara mewarna cell.Jika kita melihat hitungan jumlah kolom dan baris maka dalam satu sheets/lembar kerja saja sudah sangat banyak apabila dibandingkan dengan kerja mungkin berapa meter kertas dalam satu worksheet. Worksheet secara standar akan menampilkan 3 buah sheet dimulai dari sheet1, sheet2, dan sheet3. Silakan jika kita membuka Ms. Excel pertama kali maka jumlah sheet terdiri dari 3 dan disini kita dapat menambah worksheet tersebut atau bahkan menguranginya. OK, sebelum kita bahas lebih lanjut lagi aku akan kasih contoh gambaran seperti apa seh Workshee tersebut? Berikut adalah contoh worksheet

Jelaskan? gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna hijau tersebut merupakan salah satu Workseet lalu bagaimana jika nama Sheet1 tersebut kita ganti menjadi "Lembar Kerja 1"?
Sobat bisa lihat Bagaimana Cara Mewarnai Cell
Cara Mengganti Nama WorkSheet
Mengganti nama worksheet biasanya disesuaikan dengan isi dari worksheet tersebut misalnya aku akan isi worksheet1 dengan data karyawan maka nama sheet tersebut saku ganti dengan nama "Karyawan" kenapa harus sesuai dengan isinya / datanya? hal ini dikarenakan untuk mempermudah saja dan jika ada yang lebih mudah menurut sobat ya silakan sesuaikan saja.Cara mengganti nama worksheets dari Sheet1 menjadi "Karyawan" cukup mudah sekali ada 2 cara dalam hal ini yaitu :
- Dengan cara klik kanan pada worksheet yang akan diganti namanya kemudian silakan sobat cari dan pilih Rename kemudian langsung saja ketikkan nama sesuai dengan keingingan dalam hal ini aku akan mengganti nama sheet1 menjadi "Karyawan"
- Dengan menggunakan menu HOME kemudian cari tabribbon Format dan cari lagi Rename Sheet maka secara otomatis sheet yang dipilih akan terblok berwarna hitam nah, disini silakan langsung saja sobat ketikkan dengan nama "Karyawan"
Cara mengganti nama sheet tersebut cukup mudah dan hal ini harus Anda kuasai sebagai langkah dasar untuk belajar Microsoft Excel. Berikutnya adalah bagaimana jika worksheet yang ditampilkan kurang?
Cara Menambah Worksheet Baru
Menambahkan sheet baru sering sekali dilakukan terutama bagi mereka yang bekerja menggunakan banyak lembar kerja misalnya saja aku punya satu file laporan keuangan kantor maka di dalam file laporan keuangan kantor tersebut dibutuhkan beberapa pendukung seperti neraca dan sebagainya. Nah untuk itu diperlukan penambahan sheet baru. Lalu bagaimana caranya?Ada beberapa cara untuk menambahkan worksheet baru dan yang saya tahu ada 2 cara mungkin jika sobat pernah menemukan lebih dari 2 cara menambahkan worksheet silakan tuliskan di kolom komentar.
Cara pertama adalah dengan klik kanan kemudian pilih Insert lebih jelasnya aku akan ilustrasikan berupa gambar dibawah ini silakan dilihat
Perlu disimak juga Cara Dasar Melebarkan Kolom dan Baris

Berikutnya sobat akan melihat 5 jenis insert dan untuk menambahkan sheet baru silakan pilih WorksSheet

Dari gambar diatas untuk mengakhirinya atau jika sobat telah yakin ingin menambahkan worksheet silakan tekan tombol OK maka 1 buah sheet telah bertambah dengan nama Sheet4. dan nama tersebut biasanya diurutkan setelah sheet terakhir karena yang saya punya adalah sheet3 maka jika saya tambahkan worksheet baru maka namanya adalah sheet4.
Perhatikan posisi worksheet dengan nama "sheet4" posisi tersebut berada sebelum sheet "Karyawan" hal ini disebabkan karena klik kanan yang dilakukan tadi di sheet karyawan. Bagaimana jika aku klik kanan pada sheet2? hasilnya adalah sheet4 akan berada pada posisi setelah sheet Karyawan. Lalu bagaimana pula jika hal ini telah terjadi? jangan bingung sobat bisa memindahkan sheet manapun dan kemanapun dengan mudah.
Jika sobat bisa menambahkan sheet tentunya harus bisa pula cara menghapus sheet, bagaimana caranya? silakan aktifkan sheet yang akan dihapus kemudian klik kanan mouse sobat pada sheet tersebut kemudian silakan pilih tulisan Delete maka secara otomatis workhseet akan hilang dan tidak dapat dimunculkan kembali.
Cara Memindahkan Worksheet Excel 2010
Jika terlanjur telah menyisipkan sheet baru dan penempatan sheet tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan maka dalam hal ini sobat perlu untuk memindahkan sheet tersebut ke tempat yang sesuai dengan keinginan. Lalu bagaimana cara memindahkan sheet? Ada 2 cara yang dapat dilakukan yang pertama sobat bisa gunakan klik kanan pada sheet yang akan dipindahkan misalnya Sheet4 akan dipindahkan ke paling ujung kemudian pilih Move Sheet
Perhatikan anak panah warna hijau silakan pilih dengan cara klik pada tulisan Move or Copy. Langkah berikutnya adalah kita akan menempatkan sheet tersebut ke paling ujung silakan pilih Move to End kemudian klik OK

Hasil dari cara diatas akan terlihat perubahan pada urutan sheet menjadi seperti gambar dibawah ini

Cara lain untuk memindahkan sheet dapat sobat gunakan dengan fungsi Format kemudian silakan sobat pilih Move or Copy Sheet

Silakan pilih seperti contoh 1 gambar diatas yaitu dengan memilih Move to End maka hasilnya akan sama persis dengan cara pertama.
Cara Menduplikasi / Copy Sheet
Tujuan dari duplikasi sheet adalah menggandakan sheet dengan maksud agar format yang sudah ditentukan atau diatar pada sheet yang di copy kan akan sama persis jadi kita tidak harus memformat ulang sheet tersebut. Cara ini dilakukan untuk menghemat waktu karena dirasakan sangat efektif banyak para pengguna Microsoft excel yang menggunakan cara ini.Bagaimana langkah menduplikasi / copy sheet? cara ini sangat sederhana silakan sobat lakukan sendiri dengan cara hampir sama dengan memindahkan sheet diatas namun perbedaannya sobat harus menceklist tulisan Create a Copy
Oke, mudah bukan? tak terasa aku sudah menulis begitu panjang dan jelas sekali bagaimana mengeola worksheet pada Microsoft Excel 2010 dimulai dari pengertian, membuat sheet baru dan bagaimana juga menghapusnya, mengganti nama sheet, memindahkan sheet, serta menggandakan sheet.
Demikian semoga tulisan aku bermanfaat dan bagi para master Excel maaf tulisan sangat berantakan dan tidak tersusun secara rapi namun mudah-mudahan hal ini aku rasa sudah maksimal tunggu kembali tutotial Microsoft Excel berikutnya.
Iklan Adsense
0 Comment for "Mengelola Worksheet Excel 2010"